Mau Masuk PPDS FK UI?. Kenal lebih Dekat yuk!

Fakultas Kedokteran
Informasi Fakultas
(www.fk.ui.edu)

Universitas Indonesia pertama kali didirikan pada tanggal 2 Februari 1950. Pada awalnya UI bertempat di Kampus Salemba UI, atau lebih dikenal dengan nama Kampus van Universiteit van Indonesia yang didirikan oleh pemerintah kolonial Belanda di beberapa kota seperti di Bogor, Bandung, Surabaya dan Makassar. Pendirian kampus UI terinspirasi dari Dewan Pendidikan Tinggi Indonesia.
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) sebagai sebuah organisasi dibawah UI sebenarnya sudah ada sebelum UI berdiri. FKUI merupakan fakultas lanjutan dari dua institusi pendidikan kesehatan yang telah ada sebelumnya. Kedua institusi tersebut adalah Perguruan Tinggi Kedokteran Republik Indonesia dan Geneeskundige Faculteit Nood Universiteit van Indonesia. Keduanya dilebur menjadi satu dan diberi nama Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. FKUI merupakan fakultas kedokteran tertua di negeri ini.

Visi FKUI: Menjadi fakultas kedokteran yang terbaik dan terlengkap di Indonesia

Sejarah

Era Belanda hingga Era Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
1851: (Januari: Jakarta) Javanese doctor, Weltevreden (sekarang menjadi rumah sakit militer Gatot Soebroto) hanya untuk penyakit campak, demam, disentri, asisten dokter, 2 tahun.

1864: Program 3 tahun sebagai dokter lokal

1875: Program 7 tahun sebagai dokter medis

1898: STOVIA (School tot Opleiding von Indische Artsen)

1901: STOVIA pindah ke Hospitaalweg, 9 tahun, dengan gelar Indische Arts.

Era Belanda hingga Era Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

1913: Perubahan kurikulum pendidikan mejadi program 10 tahun (3 tahun persiapan dan 7 tahun dokter kesehatan)

1913: Di Surabaya di buka NIAS (Nederlands Indische Artsen School)

1919: Praktik Klinik di CBZ (Centrale Burgerlijke Ziekeninrichting), sekarang mejadi RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta

1920: Semua pendidikan pindah ke Salemba 6

1927: Dr Abdul Ribai dan lembaga pendidikan, Geneeskundige Hogeschool (GH) di Batavia. Pendidikan kesehatan, di fakultas dasar universitas: 1 tahun pra klinik, 2 tahun pra klinik, 2 tahun klinik, 1 tahun gelar semi art, 1 satu tahun dengan gelar art. Mantan STOVIA dan NIAS harus lulus AMS bagian B.

Era Jepang

1943: (29 April 1943) Pendidikan Kesehatan; IKA DAI GAKU, 5 tahun.

Staff Pengajar sebagian besar berasal dari Indonesia
Dr. Bahder Djohan
Dr. Ahmad Ramali
Dr. sutomo Cokronegoro
Prof. Asikin WK
Dr. Hidayat
Dr. Hadibroto
Dr Detama
Dr. Soebandrio
Prof. Dr. A. Mochtar

Era Indonesia

1945: (Agustus) Ika Dai Gaku dirubah menjadi Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia.
(September) Pendidikan Tinggi Kolonial

1946: Pendidikan Tinggi Kolinial dirubah menjadi Nooduniversiteit van Indonesia dan berlanjut menjadi Universiteit Van Indonesia

1950: Universitas Indonesia dengan 2 Fakultas Kesehatan yang berada di Jakarta dan Surabaya

1954: Fakultas Kesehatan yang berada di Surabaya melebur menjadi Universitas Airlangga

Visi dan Misi

Visi

Pada tahun 2010 FKUI menjadi salah satu fakultas kedokteran yang paling terkenal di kawasan Asia-Pasifik, memiliki penguasaan akademis yang baik dalam menghadapi tuntutan pendidikan, penelitian dan pelayanan umum dengan pendekatan kemanusiaan dan mengerti kebutuhan pihak yang berkepentingan didalamnya.

Untuk memperjelas visi tersebut, FKUI menurunkan misi tersebut sebagai berikut:

M eningkatkan citra dan pendayagunaan FKUI dengan profesionalitas, kemandirian, manajemen yang bertanggung jawab dan keahlian yang sudah terbukti serta meningkatkan infrastruktur dan kesejahteraan karyawannya dan bekerjasama dengan pihak-pihak yang berkepentingan.
Selalu meningkatkan kualitas pendidikan kedokteran dengan meningkatkan kualitas pengajaran dan riset serta pendidikan dan pelayanan klinis untuk pembangunan pengetahuan global dan kemajuan teknologi.
Membangun aura riset untuk mendukung kualitas riset yang lebih bermanfaat, sekaligus juga memperbaiki fasilitas riset tersebut
Meningkatkan kesehatan masyarakat dan lebih memberikan perhatian kepada keinginan-keinginan klien dan pihak-pihak yang berkepentingan didalamnya

Program

Sarjana (S1)
Program ini merupakan pendidikan tingkat sarjana untuk bidang kedokteran sebagai tingkat pertama dari jenjang perguruan tinggi. Dengan adanya proses transisi di era globalisasi dan perkembangan pesat pada bidang ilmu pengetahuan kedokteran dan teknologi, Federasi Pendidikan Kedokteran Dunia (WFME) telah mengadakan Program Standar Internasional di bidang pendidikan kedokteran. Tujuannya adalah menyediakan mekanisme untuk meningkatkan kualitas di bidang pendidikan kedokteran. Sejalan dengan itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dari Departemen Pendidikan Nasional juga menyatakan bahwa pendidikan tingkat tinggi di Universitas seharusnya menerapkan paradigma baru yang berisi 4 konsep untuk mencapai kualitas yang diinginkan. Konsep-konsep yang seharusnya diimplementasikan di pendidikan kedokteran yaitu: kemandirian, pengakuan dan evaluasi diri. Sebelumnya, pendidikan kedokteran telah dikecam karena telah melakukan pengaturan yang tidak sesuai antara keinginan mengubah kondisi pada sistem pengiriman alat-alat kesehatan dengan keinginan dan ekspektasi dari masyarakat sekitar.

Sangat penting bagi lulusan program ini untuk memiliki kompetensi dengan standar internasional. Isu penting ini akan menstimulasi terjadinya peningkatan pendidikan kedokteran di Indonesia dan merupakan keharusan bagi FKUI untuk dapat menghasilkan dokter-dokter Indonesia yang dapat berkompetisi dengan dokter-dokter dari luar negeri. Lulusan FKUI seharusnya memiliki kemampuan untuk bekerja dan memberikan kontribusi, baik secara nasional, regional dan internasional.
Pada program sarjana ini FKUI mempunyai 2 jalur, yaitu Kelas Reguler dan Kelas Internasional.

Pasca Sarjana untuk Dokter Spesialis.
Pendidikan Pascasarjana untuk program spesialis merupakan langkah kedua pendidikan kedokteran untuk menjadi dokter spesialis. Pada program tingkat kedua ini, dokter harus dapat mengembangkan kompetensinya untuk melengkapi kualifikasi dasar kedokteran mereka.

Bidang-bidang pengajaran yang ditawarkan program ini adalah:

1. Ilmu Bedah (Surgery) 13. Ilmu Bius (Anesthesiology)
2. Ilmu Penyakit Dalam (Internal Medicine)
3. Ilmu Kesehatan Anak-Anak (Pediatrics)
4. Ilmu Kebidanan dan Penyakit Wanita (Obstetrics & Gynecology)
5. Ilmu Penyakit Syaraf (Neurology)
6. Ilmu Penyakit Jiwa (Psychiatry)
7. Ilmu Penyakit Mata (Ophthalmology)
8. Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin (Dermatology & Venereology)
9. Ilmu Telinga, Hidung dan Tenggorokan (Ear, Nose and Throat)
10. Ilmu Penyakit Jantung (Cardiology)
11. Ilmu Pernapasan (Respiratory)
12. Radiologi (Radiology) 14. Ilmu Kedokteran Forensik (Forensic Medicine)
15. Ilmu Penyakit Anatomi (Anatomical Pathology)
16. Klinik Penyakit (Clinical Pathology)
17. Ilmu Bedah Tulang (Orthopedic)
18. Ilmu Penyakit Indung Kemih (Urology)
19. Ilmu Bedah Syaraf (Neurosurgery)
20. Rehabilitasi Medik (Medical Rehabilitation)
21. Ilmu Bedah Plastik (Plastic Surgery)
22. Ilmu Kedokteran Olahraga (Sport Medicine)
23. Klinik Mikrobiologi (Clinical Microbiology)
24. Klinik Farmasi (Clinical Pharmacology)

Pasca Sarjana untuk Program Master (S2).
Program yang ditawarkan yaitu: Ilmu Pengetahuan Biomedis, Ilmu Gizi dan Ilmu Pengobatan. Untuk mengikuti program ini, pelamar harus menyelesaikan pendidikan tingkat sarjana, dari bidang ilmu manapun.

Program Doktoral (S3).
Program Doktoral FKUI termasuk program di bidang Ilmu Pengetahuan Kedokteran, Ilmu Gizi dan Ilmu Pengetahuan Biomedis. Untuk mengikuti program Doktoral ini, pelamar harus mempunyai ijazah Master untuk bidang yang ingin dimasuki.

Staf Akademis

Dosen Tetap berdasarkan Program:

Doktor 90
Spesialis 183
Master 106
Sarjana 33
—————————————————-
Total 412

Dosen Tetap berdasarkan Jabatan:

Profesor 76
Lektor Kepala 225
Dosen 62
Staf Ahli 49
—————————————————-
Total 412

Dosen Tidak Tetap berdasarkan Program:

Doktor 8
Spesialis 264
Master 0
Sarjana 0
—————————————————-
Total 272

Lalu, Selanjutnya terserah anda!

About these ads

113 Comments

  1. salam kenal..
    mau nanya ada info yg lain gak, selain sejarahnya FKUI hehe
    ada keinginan masuk PPDS anak, cukup welcome sama lulusan luar UI gak yah?

  2. makasih yah buat infonya..
    mmm..speechless yah..bukan cuma persaingannya tp juga kesiapannya harus extra hehe

  3. o iya klo untuk dokter PTT dpet point lebih juga doung?
    klo PNS tp blom PTT gmn?thx..

  4. mau tanya donk, kl u PPDS rehab medik gimana? berapa sih biasanya yg ujian n brp yg di ambil? thx b4 ya

  5. oya
    kalo udah PNS

    minta aja rekomendasi dari instansi pns nya

    atau ikut TUBEL
    aj

  6. Useful info :)

    Salam kenal

    visit my blog at rodaro.otadesho.com

  7. salam sejawat… tolong dwonk info lengkap PPDS bedah Urology

  8. hai dr.arief
    salam kenal

    terima kasih atas respon anda pd blog saya
    tapi sementara ini saya tidak punya info tentang bagian tersebut
    tapi coba anda buka
    http://bedahurologi.wordpress.com/urologi/

    ok semoga berhasil

  9. salam kenal..
    tolong dishare dong tentang PPDS kulit UI
    katanya koneksinya harus kuat ya ?
    maksih yaaa

  10. Salam Kenal dok.
    Saya minat nih mau masuk PPDS Interna FK UI.
    Tapi saya tahun ini berencana untuk PTT dulu.
    Keep Update and contact yah dok.

    Saya ijin link yah

  11. tolong dok TS terhormat info tentang PPDS PARU UI, please ya

  12. tanya dunk..ppds gizi klinik di UI masih ada gak ya?? syaratnya apa aj ya???trims

  13. salam kenal bro…lagi PTT yah?

    saya juga minat nih ppds inter UI, kebetulan udah dijawab sebagian ama bro di postingan sebelumnya…mau nanya lagi apakah bagian IPD UI itu termasuk bagian yg”cukup objektif” dalam hal penerimaan dan selama masa pendidikannya ato gimana?

    trus kalo blom punya pengalaman klinik alias lulusan baru, apakah berpeluang untuk masuk?

    thx yah

  14. hai..makasih buat infonya..mengenai nilai preklinik seberapa besar mempengaruhi??

  15. aslm, mau nanya info lngkap ttg ppds jantung ui. Peminatnya byk ga,apa top 5? Yg di uji apa aja? Tk sblmnya

    • ada info tentang ppds jantung di ui?

  16. ts, mau nanya info lngkap ttg ppds jantung ui. Peminatnya byk ga,apa top 5? Yg di uji apa aja? Tk sblmnya

  17. Tks atas info2 nya, sangat membantu..
    Ingin nanya tentang persyaratan PPDS Obgyn..dan kemungkinan ditrima nya kl PPDS BK Obgyn kira2 gmn? Tks..

  18. maaf sebelumnya saya baru bisa membalas pesen2nya skr
    sebelumnya makasi atas pesen2 yg dikirim

    buat M.luthfi
    ppds obgyn
    jujur saya tdk terlalu tahu tentang hal ini
    tapi sepertinya ya standarlah seperti bagian lain
    usahakan ada banyak simposium dibidang itu
    sebisanya uda ptt
    sebisanya ada rekomendasi

    utk ppds bk
    bagus kok
    tapi sepertinya banyak bgt saingannya ya

  19. utk elpheel
    masuk ipd sebaiknya sudah ptt
    atau sudah ada pengalaman kerja atau sudah s2
    karena selain membantu anda sendiri dalam bersaing dg peminat yg sangat well prepared
    juga membantu anda bila anda jadi residen nanti
    sehingga anda lebih mudah beradaptasi

  20. utk Neno
    bagian gizi klinik
    syaratnya kurang lebih sama seperti bagian s2 lainya
    tapi kalo ga slaah sppnya 15 juta/se,mester
    tp saya jg ga pasti tuh

  21. Salam kenal saya fajar dari semarang.mo tanya tentang bagian anestesi dan reanimasi. jumlah yang diterima berapa? dan syarat -syarat khusus yang wajib ada atls/acls??? dan biaya kuliahnya. Bagaimana peluang untuk lulusan non ui. tengkyu

    • ibnu
      maaf saya lupa membalas responmu
      anestesi ui lumayan bersaing
      tentu lebih baik sudah atls dan acls kalo mau sekalian ambil juga kursus utk jd intensivist atau dokter khusus ICU
      biaya kuliah anda bisa lihat di sekretariat ppds ui di salemba lantai 2 gedung lama

  22. dear TS

    saya tertarik dengan PPDS gizi klinik. dimana ya saya bisa mengambil spesialisasi tersebut?
    soalnya saya lihat yang ada S2 gizi klinik, bukan spesialisasi.
    Tapi sudah banyak yang bergelar SpGK. dimana mereka mengambil spesialisasi tersebut?

    Yhanks

  23. dok punya info bank soal untuk latihan ujian masuk ppds g?? thanks

  24. Salam kenal Dok, saya sekarang lagi bingung. Persyaratan IPK > 2,75 itu IPK S Ked atau IPK dokter? Karena saya IPK S ked 2,65 dan IPK dokter 3,14. Bgmana donk? Saya dari instansi yg cuma memberi kesempatan 1 x untuk test. jadi bingung

  25. Salam kenal, saya lg bingung dan ragu2. Persyaratan PPDS FKUI IPK >2,75. itu IPK S Ked atau IPK profesi dokter?
    Karena IPK S Ked saya 2,65 dan IPK dokter 3,14. Ada temen dg IPK seperti saya tidak masuk dalam daftar peerta test di bag kardiologi UI. Pdhal di Instansi tempat saya bekerja hanya memberi kesempatan satu kali ikut test PPDS dg jurusan yg ditentukan.Kalau IPK yg dimaksud adalah IPK S Ked, saya yakin banyak rekan2 sejawat yg kecewa karena gagal sebelum bertanding.

    • kemarin sempet telpon ke CHS, di UI kalo ada syarat 2,75 (profesi dokter) brarti ipk koas, kalo gak ada tulisan dalam kurungnya brarti ipk s.ked dan koas rata@nya….
      di ui bbrp bagian minta ipk profesi dan sebagian ipk gabungan, dan gak smua bagian hrs >2,75 bagian2 spt IPD, Anak, Bedah plastik dll ipk nya dibawah 2,75 kok :)

  26. salam sejawat…sukses pttnya
    boleh tanya info ttg PPDS bedah saraf fkui tak?
    sm learning environmentnya siyh. banyak peminatnya ga?

    • salam sejawat….
      sy juga berminat masuk PPDS BS,
      mohon info nya ya.
      apakah klo lulusan baru (baru tamat) berpeluang tuk masuk??

      • utk didi dan adi

        ppds bs
        saya tidak tahu pasti
        tapi setahu saya ada kaka tingkat yang masuk ke sana sudah ptt

  27. salam kenal. nama saya mutiara. saya ingin mengetahui tentang ppds jiwa ui. apa aja persyaratn, biaya dan mengenai tesnya. terimakasih.

  28. salam kenal dok…
    mau tanya, pendaftaran PPDS buat periode juli 2009 sudah selesai belum dok???
    klo mau daftar bua periode januari 2010, pendaftarannya d buka kapan dok?

  29. buat dr.yeyen, utk juli09 sudah tutup
    utk 2010
    daftarlah dari sekarang

    utk dr.mutiara
    ppds jiwa ui
    ujian psikotes,
    mmpi
    akademik
    terjemah
    interview

    syarat tofl >450

    biaya silahkan tanya ke seketariat fk ui

  30. infonya bagus bgt..makasih ya…kalo UI bedah anak belum ada ya…?
    kalo mo masuk anak, belum PTT itu lebih susah? (aku ambil S3 biomol dulu soalnya), n dah mayan tua juga buat PTT lagi…Ancer2 biayanya berapa sih…share dong…
    Bedah saraf harus ke jepang? untuk?
    Makasih ya…

  31. benez, gile ngelotok hihkhkhihiii..
    niy kaya PR niy benez niiy ditanyain apa aja infonya bererot.. hebaaaddd :) mau tanya, sejak kapan ya pak sakrin pindah dari gedung bedah yang lama ke bagian orthopaedi ya ben? sama uhhmm.. tukang tempe mendoan yang di parkiran samping kok udah ga ada ya? hihkhihii *peace.. iseng aja kok.. mariiiii..*

  32. mas..saya mau nanya..kalo interview di bagian interna fk ui itu gmn?? saya kmrn daftar ppds interna..alhamdulillah lolos tahap berikutnya yaitu wawancara. biasanya apa saja yg ditanyakan?? saya harus mempersiapkan apa saja?? apakah wawancara dlm bhs inggris atau gmn??

  33. halo dr.Jati
    selamat ats lolosnya anda ke tahap selanjutnya
    saya doakan anda lulus tahap akhir

    sebelumnya
    secara pasti saya tidak tahu bagaimana keadaan interview di ipd
    tapi
    bedasarkan pengalaman sejawat
    biasanya anda akan ditanya pertanyaan umum dulu
    seperti
    ceritakan tentang anda
    apa motivasi masuk ini
    mau jd spt apa setelah lulus
    ingin menjurus ke bagian apa setelah jd sppd
    apa akan kembali ke daerah asal
    mungkin pada akhirnya
    ditanyakan sumber biaya

    dan mungkin ditanyakan
    soal ipd juga

    semoga berhasil ya
    kabari bila berhasil
    adios

  34. dok,saya mau nanya tentang tes psikotes dan mmpi ppds anastesi ui?
    gimana persiapannya?
    apa buku yng bagus tuk dibaca?

  35. hai dr.julian
    tes psikotes dan mmpi dilakukan di bagian psikiatri fkui di ruang kuliah lantai 1 nya (letaknya di belakang bgt, leawt dari jl,kimia aja) dekat klinik empati

    biasanya ujian 1 hari penuh mulai jam 8 pagi
    tapi sebisa mungkin datang lebih awal

    tes dimulai dengan isian biodata
    lengkap dengan cita2 visi misi kelebihan dan kekurangan
    isilah dgn jujur dan bertanggung jawab
    lalu tes dilanjutkan dg psikotes
    ada byk sekali tes
    iq
    eq
    tes gambar
    wartegg
    sampai mmpi

    jawablah dg jujur yg paling sesuia dg anda
    karna
    akan dapat terdeteksi bila ada kebohongan

    mmpi tidak dapat dipelajari
    pada dasarnya bukan ujian
    tapi adalah alat ukur segala hall yg berkaitan dg kejiwaan anda
    jd

    persiapan anda adalah
    istirahat yg cukup
    byk berdoa
    dan sarapan pagi secukupnya

    semoga sukses

    adios

  36. lam kenal dok..
    dok boleh tau info tentang ppds anestesi g???tolong dijelasin secara lengkap ya dok…terimakasih

  37. Maaf mau tny utk cp kesekretariatan ppds jantung brp ya? Trims

  38. slam kenal..
    Dok..mau bertanya syarat PPDS RM dan Kedokteran Olahraga? perlukah sertifikat atls dan acls?prasyrat apa yh diperlukan dok?
    apakah jadwal penerimaan ppds di seluruh indonesia serentak dok? ataukah waktunya berbeda2

  39. Dear all,

    Kalo ada yang butuh tempat menginap dekat FKUI / RSCM utk short-term (ujian atau pendaftaran PPDS baru), ada kos mingguan with reasonable price.
    Memang ada banyak hotel dan tempat kos di seputar Salemba UI, namun sulit mencari yang nyaman dan harga tidak terlalu mahal utk short-term stay, khususnya utk teman sejawat yang datang dari luar Jakarta dan tidak punya saudara di Jakarta. Saya sendiri pernah mengalami hal spt itu dan terpaksa menginap di hotel, sehingga ongkos ujian masuk PPDS menjadi membengkak. Oleh karena itu, saya berniat membantu sejawat sekalian yang membutuhkan short-term stay di seputar Salemba UI.

    • masih ada kamar kosong buat ujian ppds minggu depan.? makasih

  40. salam kenal,
    mau tanya , kalo mau masuk IPD UI syaratnya yg wajib n sunah apa aja? n berapa biayanya? tks

  41. salam kenal dok…
    mohon info untuk gizi klinik itu d UI sebenernya s2 aja ato ada PPDS nya? biaya masuknya sekitar berapa ya dok?yg dokter blg 15jt/smester tuh untuk s2 nya aja ya? thx alot infonya…

    • halo Eugene, setahu saya gizi klinik masih S2, tp saya tidak tahu yg terbaru bagaimananya

  42. syarat dan bank soal masuk anak gimana yahhh.thx

    • utk Agung, maaf saya tidak mengetahui hal tersebut, tapi terima kasih atas pertanyaannya. untuk syarat, silahkan lihat jawaban terdahulu, atau kunjungi situs resmi FKUI

  43. Mau nanya kalau ppds bedah ortho ato bedah umum, yang paling murah itu dimana ya ? terima kasih…

    • utk YWP .. mungkin di Unair

  44. mo tanya info pendidikan spesialis gizi klinik dong…kok belum ada ya infonya…di ui tuh s2 atau dah msk ppds??soale kok bnyk jg yg ada gelar SpGK…tq

    • di UI, setahu saya , masih S2, tapi tidak yakin juga kalau ternyata apakah ada perubahan ya…

      • halo dr.benez.kenalkan sy dr.bardan,sudah hampir 6 tahun sy tugas jd dokter pemkab lotim NTB..pingin juga sekolah ppds kayak temen2..cuma sy pingin ambil kardiologi ui..apa bener ada prsyaratan ipk? apa aja yg mesti disiapin biar bisa lulus?

  45. salam dok…
    bgm pesaing utk masuk psikiatri n rehab medik ya? thx

    • sebenarnya bagian ini relatif tidak sebanyak bagian mayor, tapi kayaknya beberapa semester belakangan ini bagian ini memiliki makin banyak lagi peminatnya

  46. apakah calon PPDS IKA UI untuk reguler harus sudah PTT?

    • setahu saya tidak juga, karena ada juga residen yg belum PTT

  47. Mau tanya… kalau intensivist bisa langsung dari GP or harus SpAn dulu? Thanks b4..

    • bisa. kalau intesivist dapat langsung. anda tinggal ikut kursus tertentu untuk intensivist. yang saya tahu adalah kursus yang diadakan oleh PERDICI,
      anda dapat menghubungi 021-31909033. tempatnya di FKUI Salemba.

  48. mas..info lengkap ppds bedah thorax dong..masuknya gmn??apa aja yg musti dipersiapin??biayanya berapa??peminatnya gmn??thx sebelumnya..

    • halo mas hendra, maaf lama baru dibalas. untuk bedah thorax, saya tidak terlalu tahu infonya. tapi info yg pasti adalah sekarang uang persemester di PPDS FKUI telah ada penyesuaian.

  49. Ada yang punya soal2 ujian masuk bedah umum ato ortho gak ya ?

    thanks a lot…

  50. salam dok..
    saya tertarik dengan urologi ui..
    apakah wajib ptt ato wajib kerja terlebih dahulu?saya dengar ada perubahan buat tahun 2010,karena sebelumnya yang saya tahu tidak wajib kerja/ptt
    gimana dengan peminatnya..apakah cukup banyak?

    terimakasih

  51. mas,mo nanya ttg ppds rm.syarat2 untuk daftar ppds rm apa saja ya?untuk periode jui 2010 penyerahan berkas formulir paling lambat kapan?

  52. mas,mo nanya ttg ppds rm.syarat2 untuk daftar ppds rm apa saja ya?untuk periode jui 2010 penyerahan berkas formulir paling lambat kapan?tk

  53. Salam kenal dr,
    Mohon informasi contoh saol IKA dari koligium. Trm ksh

  54. Apa-apa saja yang harus saya persiapkan untuk pendaftaran ppds bulan januari 2010 ya?

    • silahkan baca comment saya yg sudah ada pada blog ini ya

  55. Salam kenal dok,
    tolong donk info lengkap ppds cardiology,utk yg 2010 kpn bisa daftar?harus punya syarat penunjang lainya gak?thanks b4

    • pendaftaran utk juli ya, sudah dimulai sekarang, tes nya bulan april utk fkui
      tentu saja sebaiknya sudah acls dan ekg yg diadakan perki jaya

  56. Salam kenal dok.tolong donk info tentang PPDS RM.apakah ada btsan usia,krn usia sy sdh 35 tahun,apakah masih bs daftar?.peluang utk diterima gmn ya di RM?

  57. salam sejawat…..
    saya berminat dengan PPDS Bedah Saraf, mohon info lengkap nya.
    apakah wajib ptt ato bs bagi yg baru tamat??
    persyaratan apa saja yg hrs dipersiapkan?
    banyak peminatnya??
    thank sblmnya

  58. dok,, mohon info tentang ppds obg di UI,, persyaratan dan biaya serta dibuka kapan ya?? terimakasih infonya..

    • halo rish
      persyaratan coba lihat artikel saya tentang S2 di ui
      kalo pendaftaran manual buka setiap saat
      hanya saja utk masuk periodee juli
      penerimaan berkas tutup januari akhir

  59. salam kenal dr Ezra Benez…salut buat blog-nya nich…..btw mau tanya ttg ppds kul kel UI, apa ada perbedaan biaya masuk bagi dokter yg sudah PTT ataupun belum ? Poin tambahan apa ya yg biasanya konsulen suka supaya peluang masuk lebih besar ? Trims banyak….

    • halo merry salam juga
      makasi atas salutnya
      oya
      setahu ku
      sepertinya sih
      sama saja
      cuma
      mungkin dalam penentuan kelulusan menjadi salah satu pertimbangan juga
      walau masi banyak fakor lainnya

  60. hi
    blognya ok doc…
    tambahan buat blognya ya ( biar tambah lengkap )
    - sekedar berbagi info saja buat temen2 yng berminat melanjutkan perjalanan pendidikannya di S.U.R.A.B.A.Y.A, untuk pendaftaran 24 macam spesialisasi di UNAIR, periode April 2010 ini, ada 6 bagian yang ditutup ( maksudnya adalah… tidak menerima pendaftar ) “sementara” ( nah ini yang menggelitik, sementaranya sampai kapan yaa??? karena dari rumornya ada beberapa divisi yang ditutup hingga 2012 ). omg… luamaaa amat yaaa… -
    yang masuk 6 diantaranya adalah…
    1. PENYAKIT DALAM
    2. jantung
    3. PARU
    4. anak
    5. PATOLOGI KLINIK
    6. bedah thorax kardiovaskular
    yah, smoga saja sgera dibuka lagi secepatnya… atau malahan tidak jadi ditutup ( alhamdulillah, kabar bagus malahan… )

  61. salam kenal. Tolong diulas ttg ppds bk di UI. tq

  62. dear TS,
    tau ttg ujian PPDS Obgyn? gambaran soal2 ujian masuk-nya gimana ya? i dun have a clue… trimakasih atas bantuannya…

    • utk tips secara umum silahkan dilihat jawaban saya pada pertanyaan teman2 yg lain ya

  63. Boleh nanya juga mas..kalo ppds kulit di ui wajib kerja dulu dengan pengalamn kerja minimal 1 thn apa ngga, trus mengenai ptt diwajibin ga, sama toefl kita mesti serahin sertifikat lulus lebih dari 500 ya buat daftar kulit? Makasih mas sebelumnya

    • utk UI rata2 semuanya mengharuskan toefl diatas 500

  64. dr. Ezra Benez……. salam kenal…. dokter.. apakah punya temen atau dokter tau ttg ujian apa saja yg dilalui di ppds cardiology dan kl memungkinkan ada soal2 atau tips2 yg bisa diberikan kpd saya utk mencoba ppds jantung UI, trimakasih dokter

    • pada dasarnya ujiannya sama dengan bagian lain, ada tes psikotes, ujian tertulis dan wawancara, tips agar bisa lulus, penuhi semua pelatihan dan simposium wajib cardiology seperti ekg, acls. lalu magang lah di rumah sakit di bagian jantung paling tidak 1 atau 2tahun

  65. ini eben yang anak unsri 2001 bukan? kl bener, ini mb fivien fk unsri 2000, mo tanya2 juga nie tentang ppds ui

    • ayuk fivien, bisa via facebook aja ya, tar kita kontak lagi

  66. kalo masuk kebidanan tanpa ptt bisa gak?
    trims

  67. hello dok, salam kenal..
    sy reis, mau tanya apakah untk PPDS interna UI wajib PTT dulu? yg non alumni FK UI apakah peluang nya sama besar dgn yg alumni FK UI?

    trima kasih dok

    • teman sejawatku

      coba 6 hal ini

      siapkan berkas yg lengkap (utk itu datang ke fkui)

      belajar yg benar (datang ke ipd fkui rscm, dan bertanya lah dg senior)

      siapkan dananya (datang ke sekretariat fkui)

      berdoa

      siapkan fisik dan mental yg prima

      dan
      be yourself

      dengan begitu pertanyaan kedua terjawab

  68. halo dok, Salam TS
    sy mau nanya soal ppds Anestesi, syarat akademiknya apa sich…? n tofelnya harus berapa ya? n kira2 uang spp dll berapa ya…?? thx dok

    • kalo mau aman
      toefl diatas 550
      setahu saya bagian yg berkaitan dg life support itu
      butuh acls dan atls
      tapi lengkapnya
      saya kurang tahu
      mohon maaf

  69. slm kenal,blh minta info ttg PPDS paru UI?tlg ya atw punya fb ppds paru ui?terima kash

    • maaf saya tidak ada info tentang itu

      tapi secara umum syaratnya
      seperti yg sudah saya jawab di mail sebelumnya
      sepengetahuan saya

  70. salam kenal dr. benez. saya ingin mengetahui lebih dalam ttg ppds radiologi, apa saja saratnya, apakah sama dengan ppds lainnya yg membutuhkan acls dsb dan bagaimana sistematika biayanya? terima kasih..

    • setahu saya rata2 sama syaratnya, tp apa butuh aclsa dsbgnya, saya tidak tahu jg, mungkin bisa langsung coba datang ke bagian radiologi rscm
      tentang biaya
      tahun ini baru saja naik,
      untuk lebih lengkap dapat langsung datang ke sekretariat ppds fkui
      gedung fkui lantai 2

      secara umum utk bagian minor uang masuk 16jt
      uang persemester 7,5jt

      utk lengkapnya mohon datang langsung ke tempat bersangkutan

  71. Hi…saya ada rencana mau masukin form untuk PPDS mata ui….saya lulusan 2006 tapi belom PTT….liat diweb,,katanya tunda PTT ga boleh lebih dr 2 tahun dr tahun kelulusan ya??? Wwaaah berati aku ga bisa daftar donk,,,,bener ga sih?? Padahal kan persyaratan yg lain bisa terpenuhi…..

    • maaf kalo soal itu saya kurang tau jg, tapi saya pernah dengar juga hal itu, coba anda konfirmasi ke dinas kesehatan setempat

  72. Salam kenal… Mau nanya nih, klo ppds neurology ui susah gak sih masuknya, byk kah peminatnya? Syaratnya apa aja ? N syarat TOEFL? Klo punya info ttg neurology ui…tlg diposting ya…Mksh…^^

  73. Salam Kenal TS dr. Benez

    Saya tertarik dengan PPDS Mikrobiologi Klinik FKUI. Mohon infonya apakah ada persyaratan IPK untuk masuk? Lantas apakah rekomendasi dari senior/supervisor itu mutlak? Bila ya, bagaimanakah cara memperoleh rekomendasi dari supervisor? Maklum, karena saya hanya mengantungi rekomendasi dari dinas Provinsi tempat saya menjalankan PTT, karena memang belum ada Sp.MK di sana.
    Thx sebelumnya atas infonya

  74. Salam kenal dr.benez

    Mohon informasi ppds mata dok; ttg biaya masuk apakah sama u/ smua bagian minor (16juta)?
    Thx

  75. Salam TS
    Mo nanya syarat2 masuk ilmu kesehatan anak mas?
    TKTS

  76. met sore,mau ty bila ingin msk PPDS ANAK FKUI tpi tdk ikut ptt namun uda PNS apakah bisa?mks

  77. kalau ujian IPD UI gimana ya? susah gak? terima kasih

  78. salam kenal dr.benez

    halo dok saya mau tanya nih syarat2 masuk PPDS anestesi apa aja ya,kalo mau tanya persyaratan lenkapnya saya harus kemana ya? ada info terbaru biaya masuk dan persemester PPDS anestesi g dok?makasih banyak dok sebelumnya

  79. maaf dr. benez menyambung pertanyaan sblmnya untuk PPDS 2012 kapan buka pendaftarannya dan berapa usia maksimal utk ppds anestesi?

  80. Selamat pagi dr Benez

    Saya hendak mendaftar ppds program studi Ortopedi dan Traumatologi UI, saya dapat info bahwa untuk prodi Ortopedi dan Traumatologi UI mengharuskan peserta ujian masuk memiliki nilai TOEFL diatas 600. Yang ingin saya tanyakan adalah apa hal ini benar karena nilai TOEFL yang tertera di lembar pendaftaran adalah >500?

    Nilai TOEFL saya tidak mencapai 600 dan saya takut apabila saya memasukkan berkas sekarang menjadi sia-sia karena TOEFL yang tidak sampai 600.

    Terima kasih

  81. saya minat masuk pediatri di UI, tapi umur saya diatas 35 th tapi paska PTT, apa ada jalur lain? Jalur extension kah? Nilai IPK dan IKA minimal 3,0 adalah syarat mutlak yah? Trims

  82. Mau tanya dong, kl akupunktur medik bahan bacaan yg hrs dibaca apa ya biar bs lulus tesnya,thx

  83. assalamualaikum TS….
    Salam kenal…saya dr. Rangga dari Mataram – NTB.
    Saya mw nanya tentang persentase antara pelamar dan yang diterima saat pembukaan ppds penyakit dalam (interna)
    Trus klo persyaratan Toefl, hasil toefl dari instansi mana aja yang diterima? Terima kasih banyak…

  84. salam kenal dr indah
    mw tny dok ttg ppds jantung..tdk ikut ptt apa bs? gambaran soalna sprti apa yah? trimakasih

  85. Thanks infonya


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.